Asah Gergaji

Asah Gergaji

Apa yg dilakukan dalam usaha ketika masuk musim sepi ?

Pada beberapa jenis usaha terdapat siklus penjualan. Lingkaran waktu baik dalam seminggu, sebulan, setahun atau beberapa tahun. Dimana ada waktu tidak berjualan atau mengalami penurunan, baik karena memang sengaja meliburkan diri atau kondisi lingkungan.

Seperti usaha kantin sekolah yg mengikuti hari libur sekolah termasuk libur panjangnya. Atau usaha fashion yg melonjak ketika menjelang hari raya lalu turun selepasnya. Dan sebagainya.

Lalu apa dong yg bisa kita lakukan ketika sudah melewati kondisi pundak/peak season dan memasuki masa sepi ?.

Asahlah gergajimu, atau kata Stephen Covey “Sharpen the saw”. Itulah saat yang tepat untuk mengasah gergaji kita agar bisa digunakan kembali ketika saatnya tiba nanti.

Bahasa keren lainnya adalah kita lakukan Analisa Kinerja Penjualan. Kita evaluasi hasil yg kemarin dan lakukan perbaikan jika diperlukan agar nantinya mampu lebih siap dalam menghadapi kondisi puncak.

Bisa mulai dari sistem, strategi pemasaran, pelayanan, SDM, keuangan, teknologi pendukung, dan sebagainya. Semua harus dicaritahu kekurangannya saat ini dan ditemukenali apa yang mesti dilakukan untuk memperbaikinya.

Sistim. Apakah sistem saat ini sudah berjalan dengan baik. Jika dirasa masih ada kekurangan, rencana dan tindakan apa yg harus dilakukan untuk memperbaikinya.

Pelayanan. Bagaimana dengan pelayanan yg sudah kita berikan selama ini. Apakah sudah mampu menangai keluhan dengan baik. Apakah sudah semakin mampu memenuhi kebutuhan pelanggan.

Pemasaran. Ini dia yang harus selalu dilakukan inovasi. Persaingan dan semakin terbukanya jalur pemasaran seperti online membuat kita harus lebih meningkatkan kreatifitas dalam meraih pelanggan.

SDM. Inilah faktor penting agar semua bisa berjalan dengan baik.

Supplier. Selain kerjasama dan komunikasi kepada supplier kita saat ini, yg perlu kita jaga dan evaluasi maka perlu juga ditelusuri apakah ada kemungkinan mendapatkan supplier baru terutama jika kita memiliki jenis barang baru yang akan dijual.

Keuangan. Apakah perhitungan/akutansi yang kita miliki sudah rapi. Jangan keuangan usaha dan pribadi masih sering nyampur nih. Bagaimana dengan perputaran modal apakah alhamdulillah lancar. Apalagi masih ada keboran yg harus segera dibenahi.

Ibadah. Selain semua ikhtiar tersebut, sudahkah juga kita meningkatan ikhtiar langit. Sudahkah mengeluarkan zakat. Sudahkah sedekah. Sudakah semakin baik sholat kita dan sunnah2 lain.

Kondisi sepi seperti ini justru adalah saat untuk mengasah gergaji. Selain hal teknis seperti diatas, beberapa yang biasa saya lakukan adalah membaca buku, berkeliling keluar mencari inpirasi dan yang utama adalah silahturahim karena dari sana biasanya sumber inspirasi.

Yuks manfaatkan waktu luang dan sepi kita untuk mengasah gergaji kita. Agar tetap tajam dan nanti ketika tiba saatnya digunakan sudah siap untuk memetik hasilnya. Setelah ikhtiar kita lanjutnya dengan tawakal karena segala hasil dari ikhtiar kita hanya Dia-lah yang menentukan.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *